Wednesday, October 10, 2012

[Review] Taken (2012) : A Never Ending Kidnap


Director : Olivier Megaton
Casts : Liam Neeson, Maggie Grace, Famke Janssen

Sebuah sekuel biasanya muncul dikarenakan film tersebut sukses secara komersil. Mereka berharap sekuel tersebut bisa semakin sukses secara komersil, walaupun banyak dari sekuel film yang gagal di pasaran. Namun, hal itu tidak berlaku untuk Taken yang sukses meraup keuntungan sembilan kali lipat dari budget film tersebut. Taken 2 berhasil memperoleh hampir 50 juta dollar dari 3 hari pemutaran pertamanya di Amerika Serikat. Masih ditulis oleh penulis skenario yang sama, yaitu Luc Besson, sang produser dan Robert Mark Kamen. Namun kursi sang sutradara beralih ke sutradara Transporter 3 dan Colombiana, Olivier Megaton. Film ini bercerita tentang Bryan Mills yang mengajak anak dan mantan istrinya untuk berkunjung ke Istanbul setelah ia selesai bekerja. Akan tetapi, Murad Krasniqi, ayah dari Marko yang ia bunuh di film sebelumnya, ingin membalas dendam atas kematian anaknya tersebut.


Film ini layaknya film action lainnya berhasil menyuguhkan tontonan yang seru, seperti kejar-kejaran, perkelahian dan tembak-tembakan. Film ini juga memperlihatkan kepandaian seorang agen khusus dalam menyelesaikan masalah. Ditambah dengan keindahan kota Istanbul yang berhasil diperlihatkan walau hanya sebentar. Liam Neeson yang masih segar bugar di sini juga tampil prima. Sayangnya, jalan ceritanya terlalu mirip dengan film sebelumnya, sehingga rasanya seperti pengulangan dan dipaksakan demi meraup untung yang lebih banyak. Penyelesaian masalah di film ini cukup tidak klise, tetapi mudah ditebak. Ya, film action kebanyakan memang lebih mengandalkan aksinya dan menelantarkan ceritanya.


Secara keseluruhan, film ini tidak begitu spesial, baik dari segi aksi maupun segi cerita. Aksi-aksinya sudah biasa kita lihat di banyak film action dan cerita yang standar dengan formula yang sama seperti cerita sebelumnya. Dilihat dari kesuksesan Taken 2, tampaknya akan muncul Taken 3, mungkin 4 dan seterusnya. Siapa yang berikutnya akan diculik untuk membalaskan dendamnya ke Bryan Mills ? Anaknya lagi kah ? Atau sang mantan istri ? Atau mungkin calon menantunya ? Who knows ?

Overall : 5.5/10

YOU MIGHT LIKE IT IF :
- you love action movies
- you are Liam Nesson's fans

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...