Sunday, December 30, 2012

12 Memorable Movies in 2012

Menjelang akhir tahun, banyak movie blogger dan pencinta film membuat daftar film terbaik maupun selama 2012 versi mereka. Saya mencoba untuk sedikit beda dengan mereka dengan membuat daftar film tentang 12 film yang menurut saya berkesan di tahun 2012, tentunya berkesan tak hanya dalam artian positif ;) Mungkin sebagian orang belum pernah mendengar beberapa film yang ada di daftar saya ini.

I made this two years ago, but I do not have any interest to do it again :p


12. Katy Perry : Part of Me

Memorable as : The Guilty Pleasure

Rating : 7/10

My Review : click here.

Why ? I have never been a die hard fans of anyone. Namun, sebagai salah satu penikmat lagu-lagu Katy Perry, film ini sayang untuk dilewatkan. Apalagi jika anda melewatkan konsernya di Jakarta, film ini bisa mengobatinya. Stage act Katy Perry yang colorful dan seru diimbangi dengan kisah hidup Katy Perry dari karirnya yang kurang sukses hingga perpisahannya dengan sang mantan suami, Russel Brand. Sangat disayangkan film ini hanya tayang di Indonesia dalam versi 2D saja dan di bioskop dan waktu yang terbatas.

11. The Thieves

Memorable as : The Unexpected

Rating : 8/10

My Review : click here.

Why ? Nonton film action ? Gak salah tuh ? Sebagai bukan penggemar film action, tentu saya akan berpikir berkali-kali untuk menontonnya, apalagi jika bukan film yang bertemakan superhero. Jadwal rilis film ini berdekatan dengan salah satu film yang saya tunggu-tunggu di tahun 2012 ini, yaitu Sadako 3D. Namun, saya dengan ikhlas sangat terpaksa menonton film ini terlebih dahulu karena semua orang kecuali saya lebih memilih menonton film ini dibanding Sadako :( DAN TERNYATA film ini sangat menarik dan jauuuuuuuh lebih menarik dari Sadako 3D :)

10. The Raid

Memorable as :  The First Indonesian Movie that Went International

Rating : 7/10

My Review : -

Why ? The Raid adalah film Indonesia pertama yang berhasil tembus ke pasar Hollywood dan berhasil menembus peringkat 11 di box office Amerika. Setelah hak tayangnya dibeli Sony untuk peredaran Amerika, beberapa negara juga ikut membeli hak tayangnya dan The Raid sukses di berbagai negara. Jika film ini tidak dibeli Sony, saya kemungkinan besar akan melewatkan film ini.

9. Perahu Kertas

Memorable as : The One with Memorable Soundtrack

Rating : 7/10

My Review : -

Why ? Lagu yang berjudul sama dengan filmnya ini masih terngiang-ngiang di kepala saya. Lagu Perahu Kertas juga masih sering diputar di radio-radio belakangan ini. Terlepas dari filmnya yang bertema percintaan yang cukup biasa, lagunya mungkin bisa memperoleh ketenaran lebih dari filmnya.
8. The Dark Knight Rises

Memorable as : The First IMAX Experience

Rating : 8/10

My Review :  -

Why ? Tren IMAX pertama di Jakarta tidak secara langsung menarik perhatian saya untuk mengantri lebih panjang dari biasanya mencoba menonton di studio IMAX. Kabar bahwa ada sekitar 1 jam footage yang direkam dengan kamera IMAX lah yang membuat saya tertarik untuk menonton TDKR di IMAX, walaupun harus menonton dari baris paling bawah. Hasilnya cukup mengecewakan karena saya merasa tidak begitu banyak perbedaan dengan bioskop biasa, kecuali gambarnya yang terkadang memenuhi layar. Setelah menonton Skyfall dan The Hobbit di IMAX, saya sampai sekarang masih merasa IMAX tidak sespesial yang dibicarakan.

7. Looper

Memorable as : The Expected with a Twist

Rating : 8,5/10

My Review : -

Why ? Pertama kali mendengar tentang film ini, saya langsung tertarik dengan filmnya. Dengan tema yang cukup fresh, film ini tidak ada masalah yang berarti secara logis dengan time travelnya dan film ini juga memberikan twist, sehingga film ini lebih dari sekedar time travel movie biasa.

6. The Cabin in the Woods

Memorable as : The One that Thaught Me that Knowing Less is Better

Rating : 8,5/10

My Review : click here.

Why ? Sebisa mungkin jangan terlalu sering menonton trailer film yang anda tunggu-tunggu ataupun mencari banyak review karena hal-hal tersebut sangat berpotensi mengurangi ke-fun-an anda sewaktu menonton. Akan tetapi, ada beberapa orang yang mungkin lebih senang mendapat spoiler terlebih dahulu sebelum menonton. Setiap orang memiliki selera-seleranya masing-masing.

5. Wreck-It Ralph

Memorable as : Animation of The Year

Rating : 8,5/10

My Review : click here.

Why ? Film ini sangat memuaskan dari segala aspek. Visual yang sangat indah dilengkapi dengan cerita yang sangat menarik. Film ini juga menampilkan karakter game jadul sebagai cameo. Di saat Pixar hanya menghasilkan good-but-not-great film dengan Brave tahun ini, Disney berhasil melangkahinya dengan memberikan hiburan tak hanya bagi anak-anak, tetapi juga untuk dewasa.

4. Sadako 3D

Memorable as : The (Almost) Worst Movie in 2012 & The Disappointment

Rating : 3/10

My Review : click here.

Why ? Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, film ini menjadi salah satu film yang saya tunggu di tahun 2012 ini. Film yang ternyata tidak ada hubungannya sama sekali dengan The Ring Series hanya menjadi penghancur nama baik The Ring Series. Silahkan dibaca reviewnya saja jika ingin mengetahui lebih lengkap :)
3. The Avengers

Memorable as : The Most Anticipated Movie in 2012

Rating : 8,5/10

My Review : -

Why ? Jika anda mengikuti Hulk, Iron Man, Thor dan juga Captain America, anda pasti menantikan aksi mereka dalam sebuah panggung. Film ini berhasil memenuhi ekspektasi para penonton. Film ini juga berhasil memecahkan beberapa rekor, seperti film dengan penghasilan terbanyak selama tiga hari pertama penayangan hingga film terlaris 2012.

2. Dark Flight
Memorable as : MOVIE OF THE YEAR in a negative way.

Rating : 2/10

My Review : -

Why ? Thailand merupakan salah satu negara yang paling maju dalam industri film di Asia Tenggara. Akan tetapi, film ini merupakan sebuah epic fail dan lemah dari segala sisi. Dari segi efek visual, hantu-hantu di film ini terlihat aneh, palsu dan tidak jelas. Dari segi cerita, film ini tidak jelas. Film ini menghibur dengan hal-hal lucu yang padahal seharusnya menakutkan. Seriously, I laughed, a lot. Parahnya, ada film tanah air yang sepertinya terinspirasi dari film ini.

1.Countdown
Memorable as : The Last Movie in 2012 & The Epic Closing Movie

Rating : 8/10

My Review : click here.

Why ? Secara teknis, film ini adalah film terakhir yang saya tonton di tahun 2012. Hal tersebut otomatis membuat saya sangat mengingat film ini. Jangan terlalu mencari tahu tentang film ini ! Jika masih memaksa ya silahkan di baca reviewnya di sini. Saya termasuk salah satu orang yang beruntung bisa menonton film ini lebih awal. Bagi pencinta film thriller, jangan lewatkan film ini yang akan rilis 9 Januari 2013 !

Note : Daftar ini dibuat HANYA opini saya berdasarkan film-film yang sudah saya tonton selama 2012. Jadi, jangan bertanya mengapa film ini tidak masuk dan sebagainya. Sebagai contoh, saya belum menonton Life of Pi. Jika anda memiliki pendapat anda sendiri, silahkan tinggalkan opini anda di bawah :)

3 comments:

  1. Replies
    1. I have just finished watching the very first re-run, so it will come very soon :) I left a note that I will miss the first air, just wait for a moment please :)

      Delete
    2. Oh right! Totally forgot about that, hehehe... I'll wait. :3

      Delete

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...