Sunday, January 13, 2013

[Review] Dead Mine (2012) : A Dead Mind


Director : Steven Sheil
Casts : Miki Mizuko, Sam Hazeldine, Ario Bayu,  Les Loveday, Carmen Soo, Joe Taslim

Indonesia adalah negara yang "beruntung" karena dapat menyaksikan film ini eksklusif di layar lebar. Awalnya, HBO Asia memproduksi film ini hanya untuk siaran HBO. Namun, ada pihak yang membeli hak tayangnya dan tayanglah film tersebut di tanah air sejak awal Januari 2013.

Film ini bercerita tentang seorang asing yang datang ke Indonesia demi mencari harta karun peninggalan Yamashita. Ia ditemani kekasihnya, seorang peneliti Jepang, seorang mantan tentara dan juga beberapa orang Indonesia yang bertugas melindungi mereka selama penelusuran. Akan tetapi, mereka semua terjebak di tempat tersebut dan ada sesuatu rahasia di dalam di tempat itu.



Film ini menyuguhkan visual yang baik. Saya tidak memiliki permasalahan dengan visualnya. Namun sayangnya, hal tersebut hanyalah satu-satunya hal positif dari film ini. Film ini memiliki permasalahan dengan logika, seperti timingnya yang agak terlalu lambat dan seseorang yang berada tepat di sebelah granat yang meledak tidak meninggal. Settingnya juga terasa seperti dishoot di set buatan.Yang lebih parah, setnya tidak terlihat seperti tempat yang tak terjangkau oleh orang dan ditinggalkan sejak perang dunia kedua. Beberapa tempat cukup terlihat tua, tetapi banyak set yang terlihat seperti "baru". Terlebih lagi, ada adegan di mana lampu tiba-tiba menyala dan lampunya terlihat sangat terang. Beberapa bagian di film ini tidak diceritakan dan agak membingungkan. Beberapa hal juga terkesan terlalu accidental. Film ini juga gagal memberikan ketegangan. Setengah bagian pertama terasa membosankan dan tidak ada sesuatu yang berarti.



Sebenernya, saya tidak mengerti mengapa judulnya "Dead Mine". Saya awalnya mengira mereka pergi ke sebuah tambang atau mereka awalnya mengetahui itu tambang tapi ternyata bukan. Ternyata mereka sudah mengetahui bahwa tempat itu bukanlah tambang. Mungkin seharusnya judulnya diganti menjadi "Dead Mind" karena banyak hal-hal yang kurang masuk akal di film ini.

Score : 3/10

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...